flipmagz

Minggu, 04 September 2011

manfaatkan waktu luang untuk membaca


Kata guruku buku itu jendela dunia, dengan membaca kita bisa tahu isi  dunia. Kata -kata itu gua dapatkan pas waktu masa sd,smp,sma, tapi kok gua sadarnya waktu pas udah jadi mahasiswa, nyesel sih rasanya.

Teryata membaca itu banyak banget manfaatnya selain membuat kita jadi gaul, kita juga jadi pinter, bisa levih tau dari orang lain tu bisa meningikan derajat kita juga loh. Gue mulai sadar membaca itu penting ketika pas waktu kuliah pada waktu  suruh persentasi.

Dengan banyak buku yang gue baca membuat mudah hidup gue, membuat persentasi guelebih keren ditanya apa saja pasti bisa jawab karena folder pengetahuannya banyak kali ye. Di Indonesia sendiri katanya kesadaran membaca masih kurang beda dengan jepang yang setiap waktu luangnya digunakan untuk membaca, lihat saja masyarakat jepang saat berpergian di halte bus, saat di kendaraan umum, kereta dsb mereka membaca untuk mengisi waktu luangnya, pantesan saja pinter-pinter.

Sebenarnya membaca itu adalah kegiatan yang menyenangkan karena kita bisa berimajinasi, bisa lebih banyak tau lewat membaca. Era Informasi seperti adanya internet, mobile phone, ipad tablet sebenarnya memudahkan kita untuk mencari informasi dan belajar setiap hari dimanapun kapanpun kita berada.

Kita bisa tahu tentang apa saja kita bisa dapat informasi tanpa batasan negara. Bahkan hanya dengan mengetikan kata kunci di mesin pencari google kita bisa menjelajahi dunia, bisa tahu tentang disiplin ilmu apa saja, bisa bertanya tentang apa saja, dan tahu berita terbaru dengan lebih cepat.


 Dr. Aidh bin Abdullah al-Qarni, dalam bukunya, “La Tahzan” mengungkapkan tentang banyaknya manfaat membaca, yaitu di antaranya sebagai berikut:
  1. Membaca menghilangkan kecemasan dan kegundahan.
  2. Ketika sibuk membaca, seseorang terhalang masuk ke dalam kebodohan.
  3. Kebiasaan membaca membuat orang terlalu sibuk untuk bisa berhubungan dengan orang-orang malas dan tidak mau bekerja.
  4. Dengan sering membaca, orang bisa mengembangkan keluwesan dan kefasihan dalam bertutur kata.
  5. Membaca membantu mengembangkan pemikiran dan menjernihkan cara berpikir.
  6. Membaca meningkatkan pengetahuan seseorang dan meningkatkan memori dan pemahaman.
  7. Dengan membaca, orang mengambil manfaat dari pengalaman orang lain: kearifan orang bijaksana dan pemahaman para sarjana.
  8. Dengan sering membaca, orang mengembangkan kemampuannya; baik untuk mendapat dan memproses ilmu pengetahuan maupun untuk mempelajari berbagai disiplin ilmu dan aplikasinya dalam hidup.
  9. Membaca membantu seseorang untuk menyegarkan pemikirannya dari keruwetan dan menyelamatkan waktunya agar tidak sia-sia.
  10. Dengan sering membaca, orang bisa menguasai banyak kata dan mempelajari berbagai tipe dan model kalimat; lebih lanjut lagi ia bisa meningkatkan kemampuannya untuk menyerap konsep dan untuk memahami apa yang tertulis “diantara baris demi baris” (memahami apa yang tersirat).

Kebiasaan membaca harus dipupuk sejak dini, kita harus memaksakan diri untuk membaca, bahkan peritah ayat pertama dalam islam adalah iqra bacalah. maka jangan ditunda -tunda tiada hari tanpa membaca, warnai harimu dengan ilmu yang bermanfaat dan bagikan ilmu yang kamu baca dengan menuliskannya kembali dengan bahasamu dan bagikan ilmu kamu ke semua orang agar jadi amal jariah . ayo spirit for better



Tidak ada komentar:

Posting Komentar