flipmagz

Sabtu, 17 September 2011

cara bikin band kamu terkenal



Bikin band tu susah-susah gampang , kalo elo ngerasa udah latihan terus berjuta-juta dikeluarin tapi belum terkenal juga coba deh dievaluasi mungkin blum banyak perjuangmu yang harus dilakukan. Kebanyakan band mengunakan jalur indie sebgai batu loncatan, ada juga yang serius menekuni indie dan gak mau diatur oleh industry dan trend. 

Kalo ngomongin Industri Musik loe harus mau gak mau membuat pasar/ fans loe sendiri milikilah cirri khas dari gaya, fushion, music, dan aksi panggung berbeda agar loe tidak terlindas oleh banyaknya pemain-pemain band lainnya. Nah ni sedikit Tips buat yang masih sma atau kuliah yang lagi merintis bandnya pingin terkenal yuk kita simak bareng.

1. cari personel yang sehati dan satu tujuan
Lihat personil kamu apakah sudah sesuai dengan harapan kamu, kalau belum ! jangan ragu 2x untuk mengeluarkannya karena jangan 2X penyebab dari ketidakmajuan Band kamu adalah dari salah satu personil Band kamu, kemudian gantilah dia dengan personil yang memang benar - benar sesuai dengan harapan kamu.

2. Buanglah egomu dan berpikir positif
Mungkin kamu adalah seorang leader / orang yang paling berkuasa dalam band kamu, tapi bukan berarti mentang 2X kamu seorang pemimpin kamu menjadi orang yang sangat arogan & egois karena siapa tahu di balik wajah 2X personil kamu yang terkadang me nyebalkan itu, terdapat pemikiran & ide 2X yang sangat brilian yang tidak kamu pikirkan sebelumnya, jadi biar lah personil kamu mem beri saran, masukan, kritikan ( selagi dia me lakukannya dengan enak, nggak asal ngoceh & tentunya dengan alasan yang bagus ) siapa tahu dengan ide - ide gokil personil kamu Band kamu bisa menjadi maju.

3. sebarkan single demo gratisan
Dari pada Demo busuk lu, yang kalian anggap bagus itu di simpan di kulkas & belum ke sampain untuk di jadikan Album, lebih baik beri Kan saja secara cuma 2X kepada teman kamu terutama teman yang benar 2X peduli dengan Band kamu, & kalau bisa berikan Demo ter sebut kepada label yang biasa mengorbitkan Band menjadi terkenal.



4. buat Event dan gigs kecil kecilan bareng-bareng band lainnya
Bikin acara yang nggak terlalu besar, yaa..! Tempatnya bisa dimana aja, kalo perlu nggak usah pake panggung yang penting dalam Gigs tersebut promosikan Band kamu secara gila - gilan & undang semua orang untuk datang, untuk melihat Aksi Band kamu yang super keren itu.

5. Buat Merchandise dan Media Promo
Kamu bisa membuat merchandise band kamu untuk dijual, dan juga membuat media promo seperti kaos,stiker, poster, dan dititipin di distro-distro bisa juga jadi endorse brand-brand clothing yang terkenal.


6.Buat mini Album dan Launching
Mini Album sangat penting untuk nunjukin band kamu benar-benar exis, bikinlah materi album yang benar benar frees dan bisa jadi bahan pembicaraan orang banyak karena unik, milikilah nilai tambah band kamu misal ni kayak changcuter band ini unik dengan gaya panggung, costum, kayak band rock tahun 70an, punya aksi panggung yang asyek . contoh lagi kalo denger j-rock pasti lansung inget japanis rock, smahs boy band indonesia, The sigit indie rock yang terkenal di luar negeri dll.


7.Aktif Promo di Jejaring social
Myspace, facebook, twitter dan masih banyak lagi membantu kamu bisa eksis dikenal diantara komunitas-komunitas kamu kalo bisa buat website resmi kamu.

8.Buat Portpolio band
Buatlah portpolio dan prestasi manggung kamu dalam bentuk hand book atau proposal menarik sebarkan ke sekolah-sekolah atau kampus siapa tahu banyak yang ngundang buat manggung, networking dengan studio band dan para pelaku industry music juga penting.

9. cari koneksi bangun networking
Dari semua sumpah serapah yang di jelaskan, point terakhir ini merupakan hal yang paling penting, dekati orang 2X yang benar - benar bisa membuat Band kalian maju tapi jangan terperangkap dengan koneksi 2X yang nggak jelas, yang kadang hanya membuat Kas Band kamu menjadi bangkrut maka pintar 2X lah mencari koneksi, pokoknya lu harus jago selap - selip lah. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar