flipmagz

Kamis, 01 September 2011

berpikir positif teryatan banyak manfaatnya loh


Hai sobat muda kreatif kali ini flipper magz mau bahas tentang berpikir positif, teryata berpikir positif dan sikap otimis itu banyak banget manfaatnya. Para ilmuwan telah membuat kesimpulan atas riset selama puluhan tahun tentang manfaat berpikir positif dan optimisme bagi kesehatan. Hasil riset menunjukkan bahwa seorang optimis lebih sehat dan lebih panjang umur dibanding orang lain apalagi dibanding dengan orang pesimis.

Para peneliti juga memperhatikan bahwa orang yang optimistis lebih sanggup menghadapi stres dan lebih kecil kemungkinannya mengalami depresi.Sikap positif membantu untuk mengatasi urusan kehidupan sehari-hari dengan lebih mudah. Pandangan positif dapat membantu Anda mengatasi situasi stres dengan lebih baik dan dapat mengubah hidup menjadi lebih baik. 


Berikut beberapa manfaat yang diperoleh bila Anda selalu berpikiran positif : 



1. Manajemen stres dan manajemen masalah yang lebih baik
Dalam hal penyelesaian masalah atau problem solving orang yang berpikir positif jauh lebih cepat dan tepat dalam mengatasi masalahnya, melihat lebih jernih dan menganalisis dengan baik sehingga menghasilkan keputusan-keputusan yang positif juga.



Buat temen-temen pelajar sma Berpikir positif membantu mengatasi stres saat mendekati situasi stres dengan cara yang positif misal pada waktu ujian, ikut lomba, dan mengejar prestasi saat dibangku sma. Prestasi belajar dan kecerdasan emosional akan membantu dalam setiap kegiatan-kegiatan sehari-hari, membantu dalam masa pencarian jati diri. 


Mengabaikan pikiran negatif dan menggantinya dengan optimisme akan mengurangi kecemasan, sehingga mengurangi stres sehingga prestasi belajar akademis maupun non akademis akan jauh lebih baik dan kreatif.

2. Kesehatanbikin tambah sehat jiwa dan raga
Kesehatan tu mahal harganya pasti semua setuju tentunya.  Pemikiran dapat langsung mempengaruhi tubuh dan bagaimana fungsinya. Didalam jiwa yang kuat terdapat tubuh yang kuat.   Bila orang mengganti pikiran negatif dengan ketenangan, keyakinan dan kedamaian bukan kebencian, kecemasan dan khawatir, Anda akan merasakan kesejahteraan.

Ini berarti berpikir positif dapat bermanfaat untuk mengatasi gangguan tidur, ketegangan otot, kecemasan, dan kelelahan. Orang yang berpikir negatif lebih menderita depresi lebih dan kecemasan.

3. Percaya diri jadi tambah gaul
Kadang sebagai remaja kita malu dan kurang pd dalam mengeluarkan bakat kita, padahal masa remaja adalah kesempatan untuk mencari jati diri dan menunjukkan pada dunia kemampuan dan bakat kita. Berpikir positif mempromosikan kepercayaan diri. Hal ini akan membuat orang dapat mengeluarkan potensi optimal dalam dirinya.

4. Pengambilan keputusan yang lebih baik
Orang yang optimis adalah pembuat keputusan yang lebih baik. Berpikir positif mencegah orang dari membuat penilaian yang meragukan, keputusan bodoh atau melakukan hal-hal yang akan disesali di kemudian hari. Ketika orang mulai menggunakan hak pikirannya, ia dapat membuat keputusan dengan cepat.

5. Meningkatkan fokus
Berpikir positif akan membantu berfokus pada solusi daripada membuang-buang waktu dan energi pada emosi negatif.

6. Mengurangi rasa takut
Rasa takut berasal dari berpikir tentang hal yang negatif, sehingga menjadi seorang pemikir positif akan dapat menghilangkan rasa takut. Keberanian ini berasal dari kenyataan bahwa ketika seseorang tetap positif ia akan tahu bahwa apa pun yang terjadi dalam hidupnya dapat dihadapi.

7. Hidup lebih bahagia dan ketenagan jiwa
Jika orang memiliki pikiran yang berpikir positif, ia akan selalu mengantisipasi kehidupan dengan bahagia, damai, tawa, kesehatan dan kesuksesan finansial.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar