flipmagz

Selasa, 04 Oktober 2011

IPA VS IPS Milih yang mana coy




Hidup adalah sebuah pilihan dan sebuah keputusan, setiap keputusan akan menentukan nasib kita kadang juga tidak hehehhe.

Yang pasti buat loe yang masih ngerasa anak sma apalagi anak sma di jogja nikmati saja prosesnya dan jangan kawatir akan masa depan, bila proses loe biasa saja pasti hasil kan biasa tapi kalo proses nya luar biasa pasti hasilnya luar biasa percaya deh .

 Sekarang ini dah gak zamanya hanya mengejar sekor, tapi saatnya berlomba membuat nilai tambah dalam diri kita, tunjukin apa bakat kita, pamerkan dan banggalah.

Udah gak zaman minder-minderan, basi tau, makanya sebagai generasi anak sma masa kini loe haruslah gaul. Nah ngomong-ngomo masalah hidup pilihan kadang yang bikin anak sma tuh galau, waktu  pas pemilihan jurusan mau ipa atau ips, atau bahasa, atau yang lain daha kalo ada.

Nih gua kasih tips asyek jangan lupa tanya Tuhan biar gak bingung nah tu tipsnya , ahhahah ya selain itu loe harus tau dulu diri loe tu kayak apa, penting banget tau sifat loe, bakat loe, minat, kemampuan, kekuaranganmu dan who iam I siapa dirimu.

kalo dah ketemu konsultasilah ama kakak kelas, atau kakak temen u yang dah kuliah, tanya guru bk, tanya tetangga, pakde, cari di buku, google, tanya pada rumput yang bergoyang juga boleh .  

Sebenarnya apapun jurusan yang teman-teman pilih bukan menjadi masalah asalkan memang cocok bagi kita semua. Tapi masalahnya ‘Apakah kita tahu yang cocok bagi diri kita?’ Dalam menentukan sesuatu kita jangan memaksakan ego kita menguasai segalanya, tanyakan dan konsultasikan pada guru, wali kelas, BK, dan yang penting orang-tua. Eh iya konsultasi ama orang tua tuh penting tau, coba aja loe rasakan efek dahsyatnya, minta restu darinya  pasti jozz.
Pandangan orang saat ini menganggap jurusan IPA lebih bagus dari IPS, hal itu wajar-wajar saja sebab IPA memiliki lebih banyak jalur menuju Perguruan Tinggi ketimbang IPS bahkan IPA-pun bisa masuk Jurusan IPS di PT nanti. Banyak lulusan IPA yang kuliah di Manajemen, Akuntansi, Politik, FIKOM, dsb. Kemudian hampir di semua sekolah anak-anak ‘pintar’-nya (yang mendapat rangking atas) masuk jurusan IPA dan yang masuk IPS biasanya yang mendapat rangking bawah. Dari alasan di atas maka wajarlah bila orang berpendapat bahwa IPA lebih bagus dari IPS.
Apakah seburuk itu IPS? Tidak, jurusan IPS dibuat pasti dengan tujuan tertentu. Di dalam jurusan IPS kita akan dididik berbagai ilmu sosial dan kemasyarakatan, kitapun akan dilatih agar menjadi manusia yang kritis dan memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi. Hal-hal seperti inilah yang tidak dimiliki oleh pelajar di Jurusan IPA.


Tau gak rata rata ceo tu orang-orang IPS wkwkwk Presiden, gubernur, ilmu sosial tu penting banget loh jangan salah, ilmu ini sangat berpengaruh pada dunia. Sebenern6ya ilmu IPA ataupun IPS tinggal menyesuaikan dengan pasion dan ikuti kata hatimu dan ukur keasyikanmu dalam ilmu yang mana. yang penting enjoy aj


Dalam kehidupan sehari-hari IPA dan IPS selalu hidup berdampingan dengan harmonis (Kaya apa aja). Guru IPS saya pernah bercerita bahwa sekitar tahun 80-an pemerintah akan membangun waduk di Madura maka didatangkanlah paraengineer dari ITB, ITS, UI, dsb. Tetapi karena para engineer tersebut tidak memiliki kemampuan sosial yang baik maka pada saat mereka akan membangun waduk tersebut ratusan warga Madura yang tanahnya terpakai datang dan membawa clurit untuk mencincang mereka, gagal-lah proyek tersebut. Dari peristiwa tersebut para ahli mulai sadar betapa pentingnya ilmu sosiologi dalam menghadapi masyarakat.
Teman-teman sekalian, jadi apapun jurusan yang kita pilih itu bagus tergantung dari bagaimana kita memanfaatkan dan mengkondisikan diri di jurusan tersebut, percuma masuk IPA tapi selalu mendapat nilai jelek dan hampir tidak naik kelas. Saya pernah mendengar dari teman IPS saya :
“Daripada menjadi ‘budak’ di IPA, Lebih baik menjadi ‘raja’ di IPS”.
Yah, apapun maksud dari perkataan itu tapi saya menyarankan pada kalian semua tolong jangan jadi ‘ LOSER‘. Yakinkan dalam hati kalian, ‘saya memilih jurusan A karena saya ingin, bukan karena saya tidak masuk jurusan B’. Oke…??


Selamat menemukan tujuan hidupmu, gua yakin apapun yang engkau beri makna mengasyikakan dan membuat loe bahagia jalani proses itu dengan gembira dan bahagia. Masalah itu ada kalo elo angap itu masalah bro, jadi jangan bingung cari jalan tanyalah kalo bingung .  Bakar semangat mu dan tetaplah spirit for better sahabat-shabat muda ku. 


Rock in roll 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar