flipmagz

Minggu, 23 Oktober 2011

liputan event penulisan scrip film di man1 yogyakarta


hai sahabatku tercinta  kembali lagi kita bercerita tentang semangat berbagi lewat Flipper creative giving media, yang akan  selalu menemani kamu meraih mimpi mimpi besarmu .

liputan kali ini adalah event penulisan script film hasil kerjasama smart syuhada (sahabat pelajar jogja), komunitas penulis pelajar dan juga flipper digital magazine. 

latar belakang acara penulisan skrip film adalah tawaran dari alumni berbagai sma di kota jogja untuk membuat film yang diangkat dari cerpen " ajari aku membaca Alif" 

Acara ini di isi oleh ibnu rasyid amrulah (penulis naskah film indie )di ajang la inde fest. menerangkan bahwa langkah awal dalam membuat film adalah proses sebelum dieksekusi dalam hal braistroming konsep, dan membuat naskah film /naskah dialog salah satunya. 

KPP (komunitas penulis pelajar) sebagai komunitas yang konsen dibidang pembinaan pelajar, berusaha menfasilitasi dan mendukung suksesnya proses pembuatan naskah film dialog agar terwujud film yang keren dan penuh akan inspirasi buat temen2 indonesia.



pagi itu mas ibnu rasid sangat bersemangat untuk membagikan ilmunya dia menjelaskan   dunia sinematografi yang dalam pengertiannya  adalah belajar ilmu sinema. ternyata film ada 2 jenis yaitu fiksi dan dokumenter, jelas kali perbedaanya yaitu film dibuat buat dan film yang natural. mas rasid menjelaskan dalam proses pembuatan film yaitu di bagi menjadi 3 tahap 
pra produksi, produksi, pasca produksi.



pra produksi dalam proses ini dimana ada proses penggalian ide cerita dengan cara brain storming dengan data riset, setelah ketemu satu ide besar mulailah membuat penulisan naskah film nah disini ada alur/ plot cerita yang biasa di gunakan yaitu = pengenalan /pendahuluan, konflik, penyelesaiannya (happy ending or sad ending). lalu membuat story board yang fungsinya membimbing sutradara untuk produksi film


produksi dalam proses ini dimana ada seorang artis melakukan adegan sesuai cerita yang di buat ato sesuai story board yang di buat, disini sangat membutuhkan waktu yang sangat lama bahkan bisa 1 hari penuh.

pasca produksi dalam proses ini adalah proses editing film atau gampangya memasukan kaset dari kamera ke pc komputer lalu di edit sesuai urutan atau alur cerita.



tentang film indie, mengapa di sebut indie? kasih tau dak yach? kasih tau degh jadi arti indie bagi mas ibnu adlaha kebebasan dalam berkarya dalam film tapi sepertinya harus beretika lho...

wow amazing yach liputan kali ini semoga teman - teman terinspirasi dan menjadi sutradara, penulis naskah, editor kameramen yang menggetarkan dunia 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar